Thursday, August 16, 2007

Islam from dummy to dummies (Pengantar Islam dari Orang Blo’on kepada orang yang blo’on tentang Islam)

Islam from dummy to dummies (Pengantar Islam dari Orang Blo’on kepada orang yang blo’on tentang Islam)

Sesuai dengan judul, tulisan ini gue bikin dari orang yang Islamnya pas-pasan kepada orang yang pas-pasan juga. Intinya karena gue lebih dulu Islam, jadi gue terangin buat loe-loe yang baru kenal Islam. Bagi yang merasa pakar dalam Islam jangan dicela, jadikan refleksi bagaimana kegelisahan seorang yang mencoba belajar Islam dengan modal ilmu keislaman yang pas-pasan.

Islam itu simple, sesimpel apa? Si simple keinginan loe? Maksud?
-Islam itu :
Kalo laper makan, kalo ngantuk tidur, kalo horny merit, kalo susah, doa, pengin dapet duit kerja, kalo dosa, tobat. Makanya ini disebut agama fitrah, agama apa adanya loe, loe banget pokoknya. Tapi juga ngga semudah itu, dalam Islam juga ada saat-saat dimana loe diminta meluangkan waktu untuk sesuatu yang kadang loe ngga suka, misalnya: loe mesti puasa 30 hari setiap tahun, loe mesti sholat minimal 5x sehari, loe mesti milih makan yang dibolehin aja (halal), aneh? Ngga dong. Loe tinggal di suatu negara misalnya, maka loe harus ikutin aturan negara itu. Di Singapur misalnya loe kaga boleh makan permen karet, kalo ngga loe dicambuk. Loe junkies? Di Malaysia ke gap loe digantung! Intinya sama ajah man, ngga ada orang yang terbebas dari aturan. Kecuali loe mau tinggal sendiri di hutan terpencil ato di pulau terpencil. Itu juga loe ngorbanin banyak hal, kan?

Kenapa sih kita mesti percaya Tuhan?
Simpel, man? Loe ngga percaya Tuhan ngga bikin loe jadi hebat, bisa terbang, jadi mendadak kaya, etc.
Loe percaya Tuhan juga ngga bikin loe jadi miskin, merana, etc.
Intinya percaya ato ngga percaya Tuhan ngga ngaruh ke kehidupan loe di sini (dunia).

Nah ini poin selanjutnya: orang percaya Tuhan dari dulu, man, ngga hanya sekarang. Masalahnya adalah orang-orang yang ngomong bahwa Tuhan itu ada hidupnya pada masa berbeda dan bangsa berbeda, jadi ngga ada banget namanya faktor keturunan. Nah, ini yang jadi hal menarik, secara logika gimana coba, orang dipisahin jarak en waktu kok bisa ngomong hal yang sama? Nah ini sebab utama gue percaya Tuhan ada.

Karena gue bilang tadi percaya ato ngga percaya Tuhan ngga bikin gue kenapa-kenapa di dunia, gue milih percaya ajah. Kenapa?
Anggep seperti orang rasionalis/materialis/atheis, hidup itu cuman dunia ajah, gue sebagai yang percaya Tuhan ngga rugi-rugi amat, setelah mati, finish, over, selesai…ngga rugi juga kan?

Nah repotnya kalo gue ngga percaya, kalo gue mati, orang yang percaya Tuhan bilang kalo ada kehidupan setelah kematian, dan itu lebih abadi, eternal, dan yang ada hanya 2 pilihan seneng terus ato disiksa terus! Heaven or hell. Kalo ngga bener sih ngga masalah, man, kalo bener wuaaaaaaa seremmmm!!! Makanya gue pilih percaya Tuhan.

Hal yang kedua bikin gue percaya, banyak hal-hal yang gue ngga ngerti, kenapa gue mesti lahir sekarang, ngga dulu, kenapa gue ngga bisa menuhin setiap keinginan gue, kenapa gue pengin kaya raya ngga bisa-bisa, etc..etc…Intinya gue ini serba mentok sana-sini. Kalo gue gantung harapan gue ke Tuhan, minimal beban psikologis gue jadi ringan.
Lagian si Tuhan janjiin ama kita itu adanya surga, man! Katanya kita (buat cowok) dikasih ribuan bidadari ! wow….(sambil ngiler). Kalau yang cewek ? wah gosipnya ada bidadara? Huahahah….ngga tau juga gue.

Kenapa Tuhan pengin dipanggil Allah? Yah biar ngga overlapping ajah sama tuhan-tuhan lain. Karena semua orang ngaku punya Tuhan, tapi yang mana? Itu yang jadi masalah, biar seragam dan merujuk kepada Tuhan yang sama yang satu, dipanggillah Allah, biar ngga tumpang tindih sama kata tuhan, yahwe, lord, dewa dll…dll..
Dan ini yang mesti loe garis bawahi: Allah itu ngga suka and benci banget kalo dianggep punya kolega dalam membuat kehidupan. Dia pengin diakui sebagai the One and the Only. Saat loe nempatin yang lain dalam posisiNya ini, wuihhh tiada ampun kataNya.
Ini yang loe mesti pahami banget. Allah sebagai satu-satunya sumber. Sumber dari segala sumber, Pencipta. Pencipta semua, manusia, malaikat, binatang, alam semesta, setan, perbuatan, definisi, dll.

Jalan pertama ber-Islam sangat simple. Dan kalo loe lakukan yang ini dengan sepenuh hati, Insya Allah (kata formal buat bilang: mudah-mudahan) loe udah selamet. Tapi itu tadi loe mesti yakin betul. Loe percaya sama Tuhan ? Tinggal loe nyatain, ini yang disebut bahasa susahnya syahadat. Loe tinggal nyatain kalo loe percaya Tuhan. Ini mirip sumpah jabatan dalam pemerintahan. Loe ngakuin kalo loe percaya Tuhan, jadi ngga hanya dalam hati, tapi perlu diomongin.
Kenapa mesti syahadat, man? Setiap peraturan dibuat pasti ada sebab musababnya, syahadat dalam bahasa Arab “terpaksa” dilakukan karena perintah ini diterima sama Nabi Muhammad, yang orang Arab. Kalau diturunin sama King Arthur yah bahasa Inggris kali.

Terus kalo udah “nyatain”? Loe berarti udah Islam, man, yah minimal loe ngakuin adanya Tuhan, dengan berat hati ato sukarela, loe sudah jadi orang Islam, welcome, tapi ternyata PR masih nunggu man, tapi tenang, pelan-pelan. Kaya makan loe mesti ngunyah baik-baik.

Terus kalo udah gue mesti ngapain? Pada saat loe jadi warga negara, maka loe terikat sama undang-undang dan peraturan. Loe mesti gini, gitu, ngga boleh gini ngga boleh gitu. Islam juga sama, loe ngga boleh gini, gitu, harus begini harus begitu.
Jadi kita ngga boleh seenaknya? Intinya boleh tapi ada aturan maen. Loe laper, makan, tapi ngga semua makan loe bisa makan. Kenapa begitu? Yah kadang ada yang loe ngga dibolehin tapi loe ngga bisa nolak, ini konsekwensi pertama, loe udah berikrar, loe harus ikuti aturan-aturannya. Aturan dalam Islam termuat dalam kitab namanya Al-Quran. Kenapa yakin Al-Quran itu bener, yakin urusan hati man, yang jelas, gue yakin banget Al-Quran itu bener. Terus ngga mungkin ada penyimpangan karena pelestariannya dihafal bro! bukan ditulis, jadi yang nulisnya ngaco, ato nyelewengin bakalan ketauan. Gue baca-baca berat yah, ngikutin Al-Quran. Ngga hanya Al-Quran deh perasaan, loe baca kita Undang-undang Indonesia, lebih puyeng lagi, jumlahnya ratusan and tebel2. Al-Quran itu relatif tipis, dibanding buku-buku geometri, atau Encyclopedia Britannica. Jangan bilang aturannya berat, karena saat al-Quran turun beda ama jaman kita, tapi bayangin kitab yang sudah hampir 14 abad masih bisa bertahan, man! Siapa yang ngga mau percaya kalau itu bener.

No comments:

Post a Comment