Monday, December 07, 2020

Jangan ikutan Mencaci Ulama kalo kamu tidak mengenal Mereka

 Tulisan ini ditulis karena maraknya saling mencaci ulama yang tidak segolongan. Wahai orang2 awam, janganlah kalian mencela/mencaci bila tidak memiliki ilmunya, dengan perkataan apapun. Apakah kau selevel ilmunya?, ataukah kau pernah bercakap dengannya? Atau kau mendengar dari si anu, atau si anu. Kalau tidak maka diamlah. Karena kalian akan diminta pertanggungjawaban dihadapan Allah. 


QS. Al-Hujurat Ayat 11

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا يَسۡخَرۡ قَوۡمٌ مِّنۡ قَوۡمٍ عَسٰٓى اَنۡ يَّكُوۡنُوۡا خَيۡرًا مِّنۡهُمۡ وَلَا نِسَآءٌ مِّنۡ نِّسَآءٍ عَسٰٓى اَنۡ يَّكُنَّ خَيۡرًا مِّنۡهُنَّ‌ۚ وَلَا تَلۡمِزُوۡۤا اَنۡفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُوۡا بِالۡاَلۡقَابِ‌ؕ بِئۡسَ الِاسۡمُ الۡفُسُوۡقُ بَعۡدَ الۡاِيۡمَانِ‌ ۚ وَمَنۡ لَّمۡ يَتُبۡ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.
Ini ayat terang-benderang. Ayat ini ditujukan secara umum kepada orang beriman, apalagi ulama-ulama, yang memiliki pengikut. Secara otomatis akan menimbulkan permusuhan. 

No comments:

Post a Comment