Thursday, September 18, 2008

Hikmah Sholat Berjamaah

Sholat berjamaah sangat dianjurkan dan mendekati wajib bagi sebagian ulama, apa sesungguhnya hikmah dibalik itu.

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Sungguh aku punya keinginan untuk memerintahkan shalat dan didirikan, lalu aku memerintahkan satu orang untuk jadi imam. Kemudian pergi bersamaku dengan beberapa orang membawa seikat kayu bakar menuju ke suatu kaum yang tidak ikut menghadiri shalat dan aku bakar rumah-rumah mereka dengan api." (HR Bukhari 644, 657, 2420, 7224. Muslim 651 dan lafaz hadits ini darinya).

Ini adalah sekelumit pengalaman pribadi:
Suatu saat hati lagi suntuk dan gak karuan saya pergi ke mesjid. Biasa berlogika dengan ayat jadikanlah sabar dan sholatmu sebagai penolongmu. Pas sholat biasa saja, boro-boro penyerahan, atau metode yang diajarkan oleh Ustadz Abu, sholat sambil nglantur ke masalah. Tapi sehabis sholat saya merasakan suatu hal yang belum pernah saya alami, saya dititipi perasaan gembira, senang tidak terkira sampai saya merinding dan menangis saking senangnya, dibalik perasaan senang ada lagi perasaan haru dan terimakasih kepada Allah karena suasana hati saya dibalik sedemikian rupa tanpa bisa dijelaskan secara logika. Saya bolak balik sujud sukur dan menangis karena pemberian itu. Ternyata saya dapat hikmah dari sholat berjamaah saat itu, yang ini berdasar asumsi saja, ada orang soleh diantara jamaah yang khusyu dan pancarannya menerpa diri saya, jadi kerapatan shaf juga mempengaruhi transfer ini. Wallahualam



No comments:

Post a Comment